Selasa, 24 Mei 2011

Biografi Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte (lahir nama Napoleone di Buonaparte) lahir pada tanggal 15 Agustus 1769 di kota Ajaccio di Corsica, Perancis. Dia adalah seorang jenderal pada masa Revolusi Perancis, Pertama Konsul Republik Perancis dan Kaisar Perancis.

Biografi dan Karir:

Pada bulan Februari 1800, Napoleon menjadi Perdana-Konsul Perancis. Ia melakukan reorganisasi tentara dan mengalahkan Austria menyelamatkan negaranya dari kolaps. Pada tahun 1802 dia menyatakan Kode Napoleon, sebuah sistematisasi baru hukum Perancis.

Pada tanggal 18 Mei 1804, Napoleon Bonaparte dinobatkan sebagai Kaisar Perancis di Katedral Notre-Dame. Selama pemerintahannya, Perancis menjadi kerajaan hebat. Napoleon Bonaparte adalah seorang pejuang besar dan komandan pada saat itu. Namun, pada tahun 1812, ia menderita kekalahan pertama dari karir militernya. Dia diasingkan di Elba.

Pada awal 1825, ia kembali ke Perancis mencoba untuk menata kembali tentara untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Ia memenangkan pertempuran pada 16 Juni 1815 dan berhasil menekan serangan dari Prusia dan sekutu mereka.
Dalam pertempuran di Waterloo, tentara Perancis dikalahkan dan pasukan Napoleon mundur dari medan perang. Ia meninggalkan Prancis, dilindungi oleh Inggris di Rochefort. Kemudian, ia dikirim di Pulau St Helen, di mana ia tinggal selama enam tahun.

Pada bulan Mei 1821, Napoleon Bonaparte meninggal karena kanker perut, pada usia 51 tahun. Dia dikenang dalam sejarah sebagai Kaisar Prancis yang membuat Imperium yang mencakup sebagian besar di Eropa pada waktu itu. Dia meninggal sebagai tawanan Inggris di Pulau Helen St.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar